Rabu, 12 September 2018

Bagaimana Cara Submit Sitemap Blog

Cara Submit Sitemap.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya pada artikel Apa itu Sitemap dan Fungsinya pada Blog. Sekarang sobat akan Admin ajak ke penjelasan tentang Bagaimana Cara Submit Sitemap Blog ke beberapa mesin pencarai seperti Google Webmaster Tools dan Bing Webmaster Tools.

Sitemap yang akan Admin bahas kali ini adalah sitemap atau peta situ yang berjenis "sitemap.xml" bukan "sitemap.html" yang dibuat dan dipasang di laman blog sobat, "sitemap.xml" ini bisa sobat temukan dengan cara mengunjungi alamat url blog sobat kemudian tambahkan tulisan "sitemap.xml" yang isinya hanya kode-kode html saja.

Melakukan submit sitemap ini bisa diartikan juga mendaftarkan situs blog sobat ke mesin pencari, untuk mengetahui cara submit sitemap ke beberapa mesin pencari bisa sobat simak tutorialnya berikut ini.

Google Webmaster Tools

Langkah pertama untuk melakukan submit sitemap ke Google, silahkan sobat kunjungi alamat resmi Google Webmaster Tools seperti ini https://www.google.com/webmasters/tools/.

Kedua, setelah sobat masuk ke halaman Google Webmaster Toolssilahakan sobat cari ADD A PROPERTY yang berwarna merah kemudian klik.

Langkah ketiga sobat masukkan url blog sobat (ada dua pilhan di sana yaitu Website dan Android App, sobat pilih website) kemudian klik Add.

Keempat, sobat akan di bawa ke halaman verifikasi situs, "jika menggunakan blogspot dengan email yang sama, sobat akan melewati tahap ini". lakukan verifikasi situs sesuai keinginan sobat atau sesuai pilihan yang sobat anggap paling mudah.

Setalah situs terverifikasi, sobat akan di bawa ke halaman dashboard Google Webmaster Tools, lalu lakukan langkah kelima dengan mengklik bagian Crawl lalu klik lagi bagian Sitemaps.

Keenam, sobat cari tombol ADD/TEST SITEMAP yang berwarna merah lalu klik, akan muncul halaman pop-up lalu masukkan "sitemap.xml" kemudian klik submit, "jika sobat takut adanya error pada blog sobat atau hanya sekedar ingin tahu, maka bisa mengklik dulu tombol test", setelah itu sobat akan diminta mengklik refresh, lalukan seperti apa yang di anjurkan oleh Google.

Setelah melewati step by step di atas Admin rasa proses submit sitemap ke Google Webmaster Tools selesai.

Bing Webmaster Tools

Untuk melakukan submit sitemap ke Bing sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara melakukan submit sitemap ke Google Webmaster Tools, yang membedakan hanya menu dan tampilannya saja.

Langkah pertama untuk melakukan submit sitemap ke Bing, silahkan sobat kunjungi alamat resmi Bing Webmaster Tools seperti ini https://www.bing.com/toolbox/webmaster/. klik signin menggunakan akun Microsoft, Google atau Facebook. Namun, jika sobat belum mempunyai akunnya silahkan sobat baca tutorial lengkapnya di artikel Bagaimana Cara Daftar Akun Bing.com.

Kedua, sobat akan di bawa ke halaman My Site Bing Webmaster Tools, tuliskan url blog sobat (bukan url sitemap) di bagian My Sites kemudian klik ADD.

Ketiga, pastekan url sitemap blog sobat lengkap dengan url blognya, pilih pilihan di fiturnya yang menurut sobat sesuai dengan kriteria blog sobat lalu klik SAVE.

Setelah proses ketiga selesai dan tidak ada error, sobat akan di bawa ke halaman verifikasi situs, lanjutkan ke langkah keempat untuk memverifikasi situs sesuai dengan keinginan atau sesuai pilihan yang sobat anggap paling mudah, kemudian klik VERIFY.

Sampai di sini sobat sudah berhasil melakukan submit sitemap ke situs Bing dan akan di bawa ke halaman Dashboard.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon