Rabu, 12 September 2018

Apa itu Sitemap dan Fungsinya pada Blog

Sitemap dan Fungsinya.

Sitemap adalah daftar halaman sebuah blog yang dapat diakses sehingga bisa terbaca oleh pengguna dan mesin pencari. Fungsi sitemap pada umumnya yaitu untuk memberi kemudahan membaca setiap postingan yang kita terbitkan. Sitemap pertama kali diperkenalkan di awal kemunculan internet pada tahun 1994 dan 1995.

Menurut pengalaman Admin sendiri sitemap pada blog itu terbagi dua bagian "ini menurut Admin yang newbie lho ya".

  1. Sitemap atau daftar isi (sitemap.html)
  2. Sitemap atau peta situs (sitemap.xml)

Berdasar dari dua kategori di atas mari kita bahas satu persatu Apa itu Sitemap dan Fungsinya pada Blog.

Sitemap atau daftar isi

Sitemap atau daftar isi bagi sebagian blogger mungkin sangat penting karena berguna untuk memberikan ruang informasi kepada pengunjung agar mengetahui seluruh isi artikel pada blog. Sitemap atau daftar isi pada blog ini bisa di modifikasi semenarik mungkin sesuai selera dan keinginan si blogger, tujuannya agar terlihat keren dan menarik supaya si pengunjung blog merasa betah menjelajahi seluruh artikel pada blog yang kita kelola.

Sitemap ini juga ada yang hanya berupa sitemap saja namun ada juga yang mengandung seo. Memasang sitemap di blog sebenarnya tidak membutuhkan skill untuk menguasai html (walaupun sitemap ini berbagai macam variasi), karena zaman sekarang sudah banyak para blogger master yang membahas tentang Bagaimana Cara Membuat Sitemap di Blog. Bagi para blogger pemula tidak perlu pusing lagi utak-atik kode karena sobat hanya tinggal copas saja dari artikel para blogger senior dan memasangnya pada halaman statis.

Untuk proses pembuatan dan cara memasangnya pada blog, silahkan sobat baca artikel ini Bagaimana Cara Membuat Sitemap di Blog

Sitemap atau peta situs

Sitemap atau peta situs ini menurut Admin adalah bagian terpenting dari sebuah blog, Blogspot, Wordpress, Joomla, Domain TLD, Sub Domain dsb, pokoknya apa itu jenis blog dan CMSnya hal pertama setelah kita membuat sebuah blog adalah melakukan submit sitemap ke mesin pencari.

Sitemap jenis ini sama sekali tidak membutuhkan skill khusus karena sudah di sediakan secara default, untuk menemukannya sobat tinggal akses saja url blog sobat di akhiri dengan "sitemap.xml" sebagai contoh sobat bisa akses sitemap blog ini https://seriusnanya.blogspot.com/sitemap.xml. Nah, "sitemap.xml" itulah yang nantinya akan kita submit ke beberapa mesin pencari seperti ke Google dan Bing

Ada tiga poin penting pada sitemap jenis ini.
  • Sitemap membuat halaman blog sobat lebih mudah dicari oleh mesin pencari, dan juga indexing akan lebih cepat.
  • Jika ada perubahan pada struktur blog sobat, sitemap akan menginformasikannya pada mesin pencari.
  • Sitemap juga membantu mesin pencari untuk mengindeks blog besar yang memiliki banyak sekali halaman yang tidak terstruktur atau tidak interlinked.
Tiga poin itulah yang menurut Admin dirasa sangat penting untuk sebuah blog terlebih lagi dari sudut pandang SEO.

Jika belum mengetahui cara submit sitemap blog ke beberapa mesin pencari, silahkan baca artikel ini Bagaimana Cara Submit Sitemap Blog pada artikel selanjutnya.

Terima Kasih & Happy Blogging

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon